Snippet

Dasar Telekomunikasi


Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan Telekomunikasi bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga :
  1. Komunikasi satu arah (simplex), dalam komunikasi satu arah (simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama, contoh : pager, televisi, dan radio.
  2. Komunikasi dua arah (duplex), dalam komunikasi dua arah (duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama, contoh : telepon dan VOIP.
  3. Komunikasi semi dua arah (half duplex), dalam komunikasi semi dua arah (half duplex) pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan, contoh : Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Beberapa komponen untuk mendukungnya komunikasi yaitu :
  • Informasi, merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan
  • Pengirim, mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim
  • Media transmisi, alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh.
  • Penerima, menerima sinyal listrik dan mengubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan.
Lima Prinsip Dasar Dari Telekomunikasi
  1. Alokasi Bandwidth lebih tinggi
  2. Tinggi Signal to noise ratio.
  3. Efisiensi
  4. Harga Transfer data lebih tinggi.
  5. Tersedia di Biaya rendah
Konsep dasar telekomunikasi ada dua yaitu:
  1. One Way System, dimana kedua belah pihak salah satu dapat saling berbicara atau mendengar
  2. Two Way System, dimana kedua belah pihak dapat saling berbicara dan mendengar

    Leave a Reply